KPU Depok: Peran Media Sangat Penting

DEPOKTIME.COM, DepokDalam pelaksanaan kegiatan pilkada, yaitu pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa barat yang akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang, peranan media sangatlah penting.

Mewakili ketua komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Ahmad Arif mengatakan peran media yang ada di kota Depok sangatlah berpengaruh dalam pantauan tahapan demi tahapan kampanye sampai waktu pencoblosan tiba.

“Kami berharap rekan media, baik media cetak, media online dan media elektronik semakin aktif dalam pemantauan tahapan kampanye hingga masa pencoblosan tiba,” ucap Ahmad Arif kepada berbagai awak media saat menggelar sosialisasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa barat dikantor KPU Depok Jl. Kartini Raya No.19 Kelurahan Depok Kecamatan Pancoran Mas pada Senin (28/05/2018).

Dirinya mengajak seluruh media yang ada di Kota Depok untuk bersama-sama mengawal dan memantau pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa barat dengan profesional sesuai bidang kerja masing-masing.

Lebih lanjut, Ahmad Arif memaparkan bahwa bagi masyarakat yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) bisa melakukan pencoblosan dengan menyertakan KTP elektronik.

“Bagi warga yang belum terdaftar dalam DPT, nanti bisa membawa E-KTP ataupun surat keterangan saat pencoblosan dengan waktu yang telah ditetapkan, yaitu pukul 12.00 wib sampai 13.00 wib,” paparnya.

Sementara itu, Elyas Ginting, mewakili ketua Panwaslu Depok mengatakan bahwa Panwas sangat fokus terkait daftar pemilih tetap yang ada. Sehingga ketika terjadi permasalahan tentang data pemilih, Panwas mempunyai bukti akurat.

“Panwas punya data ‘by name by adress’, satu nama satu alamat. Jika terjadi permasalahan muncul, bisa digunakan sebagai bukti bagi panwas dalam bentuk soft copy,” papar Elyas.

Dalam kesempatan ini, ia mengeluhkan ketidaktahuan panwas dari jumlah alat peraga kampanye yang disediakan oleh pihak KPU.
“Sampai saat ini jumlah APK, kami tidak tahu, sampai jadwal kampanye saja kami tidak tahu, sampai tim kampanye tiap partai, kami tidak tahu. Bahkan saat kami melakukan sosialisasi yang ada hanya beberapa partai saja,” pungkas Elyas.

Dalam sosialisasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa barat turut dihadiri oleh berbagai media. Antara lain media cetak, media online dan media elektronik yang ada dikota Depok. (Udine/DT).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *